Memanfaatkan
peluang usaha mana yang akan dijalankan sebaiknya harus memepertimbangkan
beberapa aspek usaha baik internal maupun eksternal, apalagi usaha yang dipilih
akan dijalankan dalam waktu yang lama atau jangka panjang. Maka dari awal,
sebaiknya pertimbangkan dengan matang agar usaha yang dijalankan tidak
mengalami kerugian.
Seperti
yang kita semua ketahui, untuk bisa sukses dalam dunia wirausaha tidak seperti
semudah membalikan telapak tangan. Akan banyak diantaranya kendala-kendala yang
harus dihadapi, juga jangka waktu menjalankannya yang tidak sebentar. Di bawah
ini beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam peluang usaha:
1.
Aspek
Pasar
Tantangan utama perusahaan- perusahaan adalah
bagaimana membangun dan mempertahankan bisnis yang sehat dalam pasar dan
lingkungan yang terus berubah. Agar perusahaan tetap dapat survive perusahaan
harus mampu mengenali pelanggannya. Dengan kata lain pasar sasaran yang dituju
dengan tepat akan memudahkan perusahaan dalam melakukan executing strategy.
2.
Aspek
teknis dan teknologi Informasi
Menurut Williams dan Sawyer, teknologi informasi
adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur
komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Sedangkan
Menurut Rahardjo (2002:74), teknologi informasi adalah sama dengan teknologi
lainnya, hanya informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi
tersebut. Dalam hal ini, teknologi mengandung konotasi memiliki nilai ekonomi
yang mempunyai nilai jual.
Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa
teknologi informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga
mencakup teknologi komunikasi. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah
gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
3.
Aspek
manajemen dan sumberdaya manusia
Manajemen (management) merupakan pencapaian
sasaransasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya
organisasi.
4.
Aspek
Keuangan
Keuangan merupakan salah satu fungsi bisnis yang
bertujuan untuk membuat keputusan keputusan investasi, pendanaan dan dividen. Keputusan
investasi ditujukan untuk menghasilkan kebijakan yang berhubungan dengan (a)
kebijakan pengalokasian sumber dana secara optimal, (b) kebijakan modal kerja
(c) kebijakan invesasi yang berdampak pada strategi perusahaan yang lebih luas
(merger dan akuisisi) (Damodaran, 1997).
5.
Aspek
resiko, sosial, politik dan ekonomi
Resiko dalam manajemen mempunyai
berbagai makna. Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi
selama periode tertentu atau probabilitas sesuatu hasil/outcome yang ebrbeda
dengan yang diharapkan. Resiko dapat juga dikatakan ketidakpastian yang mungkin
melahirkan peristiwa kerugian (Salim, 1993).
Resiko timbul karena adanya
ketidakpastian. Biasanya ketidakpastian diakibatkan karena adanya keraguan
terhadap sesuatu hal dimasa depan atau kelemahan seseorang/ perusahaan dalam
memprediksi masa depan perusahaannya.
6.
Aspek
Hukum
Penilaian aspek ini penting dilakukan sebelum proyek
terlanjur diberhentkan oleh pihak-pihak yang berwajib karena dianggap
beroperasi secara legal atau menghadapi protes masyarakat yang menganggap bahwa
proyek/bisnis yang dibangun melanggar norma kemasyarakatan.
7.
Aspek
Lingkungan industry atau usaha
Secara umum, lingkungan organisasi
(lingkungan ekstrenal) dapat dikategorikan ke dalam 2 (dua) bagian, yaitu :
- Lingkungan Umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya di luar dan terlepas dari operasi perusahaan.Faktor-faktor tersebut di antaranya : 1) Faktor Ekonomi, 2) Faktor Sosial, 3) Faktor Politik dan Hukum, 4) Faktor Teknologi, 5) Faktor Demografi.
- Lingkungan industi adalah tingkatan dari lingkungan eksternal organisasi yang menghasilkan komponen-komponen yang secara normal memiliki implikasi yang relatif lebih spesifik dan langsung terhadap operasionalisasi perusahaan.
Referensi :
- Kasmir, Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi-1. Prenada Media, Jakarta.R
- ender, Barry & Jay Heizer. (2001). Prinsip-prinsip Manajemen Operasi. Edisi-1. Salemba Empat, Jakarta.
- Suryana. (2003). Kewirausahaan. Edisi-1. Salemba Empat,Jakarta.
- Zimmerer,Thomas W. & Norman M.Scarborough. (2004). PengantarnKewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Edisi-2. PT.Indeks, Jakarta.
- Lilis Sulastri, Dr., MM.(2016) Studi kelayakan Bisnis untuk Wirausaha. LGM - LaGood’s Publishing
No comments:
Post a Comment